by

10 Tips Membuat Wajah Segar dan Awet Muda Sepanjang Masa

Tips Wajah Segar dan Awet Muda – Kebersihan wajah sangatlah penting, apalagi bagi para wanita. Cantik itu relatif, cantik bisa dimiliki seseorang dan siapa saja asalkan terlihat bersih. Apalagi bagian wajah, karena wajah adalah bagian yang utama untuk dilihat orang lain, untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tidak mungkin orang berkomunikasi dengan kita melihat kaki kita, pasti orang tersebut melihat wajah kita. Itulah mengapa wajah itu perlu kita rawat. Apalagi buat Anda para wanita, jangan tanggung-tanggung merawat wajah Anda dan jangan pelit-pelit untuk mengeluarkan sedikit uang itu perawatan wajah Anda.

Baca juga Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Perawatan wajah mempunyai banyak cara dan tujuan. Tujuan tersebut di antaranya adalah membersihkan wajah, mencegah timbulnya jerawat, memutihkan wajah, mencegah keriput; mengatasi kulit kering dan kasar, mengecilkan pori-pori wajah, mengembalikan elastisitas kulit, dan lain-lain. Wajah segar dan awet muda adalah impian semua manusia. Khususnya wanita. Sehingga untuk mendapatkan wajah segar dan awet muda ini, para wanita tak segan untuk mengeluarkan uang banyak. Dan berbagai jenis program perawatan wajah pun laris manis dibuatnya. Sebenarnya, menjadikan wajah segar dan awet muda bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan salon-salon mahal. Hal yang terpenting di sini adalah para kejelian, kecermatan, kemauan, dan sedikit kreativitas.

10 Tips Merawat Wajah Segar dan Awet Muda

Seperti apakah 10 tips merawat wajah segar dan awet muda itu? Perhatikan berikut ini:

1.Tips Merawat Wajah – Rajin Membersihkan Wajah

Semua benda yang terpapar di tempat terbuka pasti akan selalu dipenuhi dengan berbagai kotoran. Apalagi kulit wajah. Sel-sel hidup serta kondisinya yang lembab mengundang berbagai kotoran untuk hinggap.
Bahkan bisa berupa bakteri, virus, atau partikulat lain yang membahayakan. Untuk itulah, membersihkan wajah secara teratur akan membuat kulit wajah selalu terjaga keindahan dan kecantikannya. Jika Anda menggunakan pembersih wajah, pastikan produk yang Anda pakai bebas dari sabun. Hal ini karena sabun menjadikan kulit wajah kasar. Pilihlah pembersih wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda yang normal, kering, berminyak, atau sensitif. Untuk kulit wajah kering, pilihlah pembersih wajah yang berbahan dasar susu. Produk ini akan membuat kulit Anda lebih lembab. Untuk kulit sensitif pastikan produk yang dipakai bebas alkohol. Adapun untuk kulit yang berminyak, Anda bisa memilih produk yang mengandung asam, seperti produk yang mengandung asam alfa-hidroksi (alpha-hydroxy acid =AHA).

2. Tips Merawat Wajah – Gunakan pelembab wajah

Menggunakan pelembab wajah adalah keharusan bagi siapapun yang menginginkan kulit segar dan awet muda. Tidak terkecuali juga untuk yang mempunyai kulit berminyak. Hal ini tentu saja agar kulit wajah selalu lembab dan terlindungi dari berbagai paparan yang bisa masuk ke dalam sel kulit wajah. Seperti halnya pembersih wajah, untuk pemilihan pelembab juga harus disesuaikan dengan kondisi kulitnya. Baik itu untuk kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif.

3. Tips Merawat Wajah – Jangan Lupakan Tabir Surya (Sunscreen)

Setiap kali hendak pergi ke luar rumah, jangan lupakan untuk selalu mengoleskan tabir surya di wajah Anda. Tabir surya akan melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. Sinar matahari juga tergolong ke dalam radikal bebas yang bisa merusak tekstur, warna, dan fungsi kulit. Salah satu penyebab kanker kulit di antaranya adalah sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang mengandung SPF 15 (sun protection factor 15)yang dioleskan minimal 20 menit sebelum ke luar rumah.

4. Tips Merawat Wajah – Sesekali Gunakan Eksfolian

Eksfolian adalah zat yang mampu membantu pengelupasan kulit. Penggunaan eksfolian dibutuhkan ketika kulit sedang mengelupas. Di saat seperti ini, Anda bisa memilih berbagai produk yang cocok untuk kulit Anda. Misalnya saja pembersih wajah yang mengandung scrub (butiran-butiran halus).

5. Tips Merawat Wajah – Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan adalah zat penangkal radikal bebas. Zat ini mampu menjauhkan tubuh dari berbagai bahaya. Misalnya bahaya dari infeksi virus atau bakteri; bahaya zat-zat kimia; dan bahaya-bahaya lainnya yang mungkin bisa mengancam tubuh. Antioksidan banyak terdapat pada makanan. Misalnya saja sayuran berwarna dan buah-buahan. Jenis antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan kulit, terutama kulit wajah di antaranya adalah vitamin C (banyak terdapat pada jeruk, apel, jambu biji, dan biji-bijian); vitamin E (banyak terdapat pada almond dan selai kacang); selenium (banyak terdapat pada jamur, tiram/kerang, semangka, bawang putih, bayam, ubi jalar, dan brokoli); thiamine (banyak terdapat pada jagung dan sereal oat); beta-karoten (banyak terdapat pada wortel dan papaya); serta zat besi (banyak terdapat pada bayam dan kangkung).

6. Tips Merawat Wajah -Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Lemak Esensial Tinggi

Asam lemak esensial (essential fatty acids = EFAs) adalah kompnen penting bagi tubuh. Lemak jenis ini merupakan zat yang sangat membantu sel-sel tubuh terutama kulit dalam mengikat nutrisi dan air. Tak hanya itu, di dalam kulit, lemak jenis ini membantu melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dan juga polutan. Jadi dengan kata lain, lemak esensial mampu melindungi kulit dari dalam. Asam lemak esensial yang bagus bagi tubuh, terutama kulit wajah di antaranya adalah omega-3 (banyak terdapat pada ikan salmon, ikan sardine, dan bayam) serta omega-6 (banyak terdapat pada daging unggas, biji-bijian, dan minyak sayur).

7. Tips Merawat Wajah – Banyak Minum Air Putih

Sekitar 55% hingga 75% tubuh kita adalah air. Jadi, kehilangan air 10% saja, fungsi tubuh kita bisa terganggu. Di dalam tubuh, air berfungsi dalam melarutkan dan mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh; mengalirkan zat-zat sisa/racun dari dalam tubuh keluar tubuh; serta menjaga agar proses pencernaan tetap berjalan secara perlahan. Kulit wajah yang kekurangan air bisa menimbulkan jerawat. Itu sebabnya, selain untuk membantu metabolisme tubuh yang lain, meminum air putih minimal 2 liter sehari bisa menjaga kulit tetap sehat.

8. Tips Merawat Wajah – Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tubuh Anda bukanlah mesin yang bisa dipaksa untuk bekerja secara terus menerus. Istirahat dan tidur yang cukup adalah keharusan agar fungsi tubuh senantiasa optimal. Saat istirahat dan tidur, kulit (termasuk kulit wajah) secara alamiah akan melakukan regenerasi dalam menggantikan sel-sel yang mati dengan sel-sel yang baru. Cukupkan istirahat dan tidur minimal 6 jam sehari.

9. Tips Merawat Wajah – Ubah Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti begadang terus menerus, merokok, meminum alkohol, hingga diet yang tidak seimbang banyak berpengaruh terhadap kesegaran kulit. Hal ini karena kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut bisa mengundang penyakit dan juga radikal bebas untuk merusak kulit Anda. Ubahlah semua kebiasaan tersebut supaya kulit wajah senantiasa cantik, segar, dan awet muda.

10. Tips Merawat Wajah – Olahraga yang Cukup

Berolahraga membuat tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari penyakit. Dengan berolahraga yang cukup, fungsi-fungsi alat-alat tubuh, termasuk kulit wajah akan optimal. Bagi kulit, olahraga mampu membuat kulit membuang secara alami zat-zat racun yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, olahraga juga mampu menghasilkan kolagen dan hormon-hormon tubuh yang sangat berguna dalam mencegah keriput dan penuaan dini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular