Tips Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

0
41
 Kesehatan Ibu hamil
Kesehatan Ibu hamil  – Saat dokter mengatakan jika bunda positif hamil tentunya bunda akan merasa sangat bahagia bukan? Nah,sebagai wujud senang dan rasa bahagia saat menerima berita ini, bunda harus segera menyiapkan diri untuk kesehatan ibu hamil muda yakni sang janin dan bunda. Salah satu caranya  yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi dan susu khusus untuk ibu hamil. Karena pada masa trimester awal merupakan masa penting untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Maka dari itu, demi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungan , perhatikanlah beberapa hal dibawah ini bersama logkesehatan.blogspot.co.id :

Tips Kesehatan Ibu Hamil

  • Kesehatan Ibu hamil  yang pertama yaitu perbanyak makanan yang bergizi setiap hari agar senantiasa kandungan ibu hamil selalu sehat. Terlebih bila bunda memiliki tubuh yang sedikit kurus,  konsumsilah sayur dan buah, lauk- pauk seperti, ikan ayam, daging merah, telur, ercis serta jenis kacang- kacangan.
  • Periksakan kondisi ibu hamil secara rutin dan teratur ke dokter kandungan.
  • Mengonsumsi suplemen zat besi stiap hari guna mencegah pendarahan saat melahirkan nanti.
  • Mengonsumsi garam beryodium secara rutin untuk kesehatan janin.
  • Tetap melakukan kegiatan sehari- hari serta berolahraga dengan rutin untuk menjaga kesehatan Ibu hamil , namun jangan berlebihan juga sehingga terlalu capek.
  • Paling tidak menerima suntikan TT dua kali selama proses kehamilan.

Hal Yang Harus Dihindari Untuk Kesehatan Janin

  • Bekerja terlalu berat dan tidak diimbangi istirahat yang cukup.
  • Minum obat yang tidak diresepkan oleh dokter.
  • Berada dekat dengan orang yang terkena cacar atau cacar Jerman.
  • Menghirup pestisida, herbisida serta bahan kimia lainnya.
  • Mengonsumsi makanan yang amat sedikit dengan menu itu itu saja. Padahal tidak ada jenis makanan Kesehatan Ibu hamil yang harus dihindari selama masa kehamilan.
  • Merokok.
  • Minum alkohol.
  • Memijat perut.

Masalah Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Ibu hamil

Mual dan Muntah

Cobalah untuk makan dengan porsi yang sedikit namun teratur meskipun tidak ada nafsu makan. Bila masih berlanjut, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

Panas Di Lambung Atau Rongga Dada

Makanlah makanan dengan porsi yang sedikit sampai habis serta perbanyaklah minum air putih.

Kaki Bengkak 

Istirahat dengan cara kaki diangkat  beberapa kali dalam sehari. Makan dengan teratur serta kurangi makanan yang mengandung kadar garam tiggi seperti mi instan. Bila kaki anda semakin membengkak, dikuti pada bagian tangan dan wajah, segeralah pergi ke dokter.

Sakit Punggung 

Sakit punggung dapat diatasi dengan olahraga dan sikap duduk serta berdiri tegak.

Terlalu Kurus, Pucat Dan Lemah 

Perbanyaklah makanan sehat untuk ibu hamil seperti daging ayam, ercis, kacang- kacangan, susu, daging merah, telur, ikan serra sayuran yang berwarna hijau tua. Disamping itu bunda bisa juga mengonsumsi kapsul zat besi setiap hari. Bunda bisa mencari info kesehatan ibu hamil dengan berkonsultasi ke dokter kandungan.

Sembelit 

Perbanyaklah minum air putih paling tidak 6 sampai 8 gelas dalam sehari, serta makan buah, sayuran, dan ubi. Untuk penyeimbangnya bunda boleh melakukan olahraga ringan, agar tidak terlalu capek.

Tanda bahaya Kehamilan

Pendarahan 

Diamlah dengan cara berbaring, bila terus berlanjut segeralah pergi kedokter untuk ditangani secara medis. Terlebih lagi bila pendarahan yang bunda alami terjadi di masa akhir kehamilan atau setelah 6 bulan kehamilan.

Anemia Akut

Tubuh terasa lemah, gampang capek, dan pucat, konsumsilah kapsul zat besi yang sudah dianjurkan dokter sebelumnya. Dan apabila bunda melahirkan dianjurkan untuk melahirkan di Rumah Sakit karena resiko pendarahan tinggi.

Pembengkakan

Bunda harus memperhatikan kesehatan ibu hamil 6 bulan, karena pada usia ini bila terjadi pembengkakan pada bagian kaki disertai juga pembengkakan di tangan, wajah, pusing berkepanjangan, atau terganggunya pengelihatan. Kemungkinan bunda terkena toxemia atau keracunan kehamilan. Segera untuk menghubungi dokter kandungan, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian.
Bila bunda selalu menerapkan pola jaga kesehatan ibu hamil, maka diharapkan akan mendapatkan bayi yang sehat juga nantinya. Demikianlah artikel kesehatan Ibu hamil pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah disampaikan bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here