Home > Kesehatan > Rekomendasi Menu Makanan Sehat Bayi 8 BulanYang Wajib Bunda Ketahui

Rekomendasi Menu Makanan Sehat Bayi 8 BulanYang Wajib Bunda Ketahui

Makanan sehat bayi 8 bulan

Makanan sehat bayi 8 bulan –  Mencukupi kebutuhan gizi yang sesuai usia bayi adalah hal yang wajib bunda lakukan, supaya disesuaikan dengan perkembangan sang bayi. Saat perkembangan bayi 8 bulan , pergerakannya sudah mulai lebih aktif, misalnya duduk, merangkak dan sebagainya. Disamping itu sang bayi akan lebih aktif memakai tangannya untuk meraih benda atau objek menarik yang ada didekatnya. Naluri yang dimiliki bayi pada usia ini telah ditandai oleh ikatan emosional dengan orang tua serta keluarga lainnya.

Makanan Sehat Bayi 8 Bulan

Saat bunda memberikan makanan pendamping ASI, sejak usia yang dianjurkan yaitu usia 6 bulan, maka bunda bisa memperhatikan asupan gizi yang lebih variatif di usia ini. Bunda juga bisa membuat resep makanan bayi 8 bulan penambah berat badan biar bayi tidak nampak terlalu kurus. Perhatikan juga jenis makanan  yang bunda berikan, jika bayi mempunyai alergi atau riwayat alergi di keluarga, ada baiknya bunda untuk menghindari makanan yang berbahan dasar telur, kacang dan gandum.Tingkatkanlah jenis asupan buah dan sayur yang bervariasi untuk memperoleh nutrisi yang diperlukan guna pertumbuhan sang bayi. Disamping memberikan makanan bayi 8 bulan buatan sendiri, bunda juga bisa memberikan cemilan sehat pada sang bayi di usia ini. Bunda bisa membuat jadwal menu makan bayi seperti dibawah ini :
Jam         Makanan/Minuman 
07.00       Bubur Susu
10.00       Cemilan Buah Sehat
12.00       Tim saring
16.00       Tim saring
Di usia ini pemakaian tambahan rasa bisa juga bunda diberikan, tambahan rasa bisa diperoleh dari keju, margarin, serta butter guna meningkatkan nafsu makan. Membuat cemilan buah juga bisa bunda lakukan saat usia ini, karena bayi sudah didukung oleh pertumbuhan gigi yang semakin kuat, buah yang tinggi nutrisi bisa membantu melancarkan sistem perncernaan bayi. Penyajian buah bisa dibuat lebih kental dari sebelumnya seperti dilumatkan, dikerok.
Bunda bisa memberikan potongan buah kecil-kecil guna melatih giginya, namun bunda tetap harus mengawasinya. Buah yang tidak disarankan yaitu buah yang mengandung serat tinggi misalnya, buah sirsak, buah yang mengandung alkohol misalnya, durian atau nangka serta buah yang terlalu asam karena dapat memicu gangguan di perut nantinya. Bunda juga bisa secara teratur memberikan makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk  secara alami tentunya agar bayi senantiasa sehat.

Menu Makanan Sehat Untuk Bayi 8 Bulan Keatas

Bubur Daging Beras Merah

Bahan :
100 gr daging cincang
50 gr bayam merah
450 ml air
1 buah tomat cincang
50 gr beras merah
1 sendok seledri cingcang
1/2 sendok keju parut
50 gr wortel
Cara Membuat :
Rebus beras merah menggunakan air sampai mengembang lalu masukan gilingan daging dan tomat. Diamkan sampai mendidih. Tambahkan bayam, wortel, keju dan seledri. Aduk sampai rata , dan makanan siap disajikan saat masih hangat. Bunda juga bisa membuat bubur tim bayi biar lebih variasi, jadi bunda harus tahu bagaimana cara membuat bubur tim bayi 8 bulan yang sehat dan alami. Nanti di artikel selanjutnya akan admin bahas secara detail ya bun.

Menu Cemilan Buah Sehat

Buah untuk bayi 8 bulan yang dianjurkan untuk cemilan sang bayi yaitu buah pisang , karena pisang tinggi akan kalori untuk pertumbuhan , kalium, kalsium serta vitamin C. Dengan memiliki kadar tepung dan mineral yang tinggi sangat baik guna pertumbuhan sang bayi.  Mengolah Pisang bisa bunda lumatkan memakai sendok makan bayi maupun diberikan secara utuh .

Bubur Pisang Susu

1 buah pisang ukuran kecil yang telah dilumatkan
2 sdm. susu formula
200 ml air matang
Cara Membuat :
Seduh susu formula bersama 200 ml air matang lalu campurkan dengan pisang yang sudah dilumatkan sebelumnya, aduk sampai rata. Bunda bisa menyajikan langsung kepada bayi. Agar lebih bervariasi bunda bisa mengganti buah pisang dengan jenis buah yang lain, misalnya perasan jeruk atau alpukat dihari-hari berikutnya. Hal ini dianjurkan karena fungsi gigi bayi sudah semakin berkembang, sehingga bunda bisa meracik memberikan buah yang lebih variatif.
Demikianlah penjelasan singkat tentang makanan sehat bayi 8 bulan yang perlu bunda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Login dgn Akun MEDSOS? Silakan Klik Logo FB,Twitter or Google+

Login Pakai Akun Harianmu.com

MASUK

Lupa Password?

Belum Mempunyai Akun? Silakan DAFTAR AKUN BARU

Close
of

Processing files…