Jenis Makanan Sehat dan Bergizi Alami Yang Baik Dikonsumsi Oleh Tubuh

0
56
Makanan sehat dan bergizi

Makanan sehat dan bergizi – Makanan sehat bergizi seimbang merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang untuk melangsungkan hidupnya. Disamping itu makanan menjadi faktor terpenting supaya tubuh kita senantiasa dalam keadaan fit dan sehat. Makanan yang masuk ketubuh kita tidak harus yang membuat kenyang saja, tetapi harus sehat, bergizi serta terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh supaya tubuh tetap sehat selalu. Makanan tersebut harus mengandung mineral, karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin. makanan yang dikonsumsi juga wajib higienis dan tidak mengandung penyakit. Bagi orang tua, anda bisa mengkombinasikan beberapa zat diatas menjadi hidangan makanan sehat dan bergizi untuk anak juga.

Kadang – kadang kita sering mengkonsumsi makanan yang  nutrisinya hanya memiliki manfaat makanan bergizi untuk salah satu organ tubuh saja. Hal ini tentunya kurang baik untuk kesehatan, karena organ tubuh yang lain juga memerlukan asupan nutrisi, yang sama. Dengan demikian sangatlah penting untuk memilih makanan yang berkhasiat untuk seluruh organ tubuh kita. Ada banyak jenis makanan sehat akan tetapi berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Nah kali ini logkesehatan.blogspot.co.id akan menjelaskan tentang kumpulan makanan sehat dan bergizi yang baik bagi tubuh, dirangkum dari berbagai sumber informasi kesehatan yang terpercaya.

Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Bayam

Bayam mempunyai khasiat untuk menghambat enzim tirosinase, menghaluskan kulit, menjaga stamina otot, memperbaiki kerja insulin, pembekuan darah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Brokoli

Brokoli merupakan jenis makanan bernutrisi sayuran ini banyak manfaatnya, terutama  mencegah bermacam penyakit. Misalnya penyakit kanker, jantung, tulang keropos, stroke dan sebagainya. Didalam brokoli terkandung berbagai zat seperti, kalium antioksidan, zat besi, mineral, kalsium, mineral, vitamin C, B, E, K serta betakaroten. Maka dari itu brokoli sangat baik untuk kesehatan.

Ikan salmon

Ikan salmon bagus sebagai makanan bergizi untuk anak karena didalamnya terkandung omega 3 yang baik untuk menurunkan resiko kanker, memerangi penyakit jantung, melindungi sendi, serta mengobati mata kering.

Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik, yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi masalah pencernaan, seperti gangguan usus, kanker usus besar. Makanan sehat dan bergizi seperti yoghurt ini juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan dapat mencegah osteoporosis.

Beras merah

Makanan sehat dan bergizi yang pertama yaitu beras merah. Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu beras merah juga baik guna mencegah munculnya gejala penyakit kencing manis / diabetes.

Telur

Sudah tidak asing lagi bila telur merupakan menu makanan bergizi sebagai sumber vitamin, protein, dan mineral yang tinggi. Telur memiliki khasiat untuk meningkatkan konsentrasi, pengelihatan, menjaga berat badan, membantu perkembangan otak serta mencegah gejala kanker payudara.

Buah Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin, yang berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker, jantung, dan gangguan pada mata.

Teh hitam

Teh hitam sangat banyak khasiatnya, antara lain meningkatkan imun tubuh, anti peradangan, mencegah kanker, mengobati jantung serta diabetes.

Demikianlah penjelasan singkat tentang artikel makanan sehat dan bergizi  yang bisa anda coba. Anda dapat membuat masakan yang bervariasi dari bahan makanan sehat diatas. Penuhi asupan makanan sehat anda sehari hari dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Terimakasih semoga bermanfaat.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here