Jenis Makanan Sehat Saat Haid Yang Direkomendasikan Untuk Para Wanita

0
36
 Makanan sehat saat haid
Makanan sehat saat haid –  Saat seorang wanita sedang haid, dapat dipastikan anda akan merasakan ganpang marah, lelah,  serta rasa nyeri di perut. Maka dari itu, supaya tubuh tetap fit, dianjurkan untuk selalu mencukupi semua kebutuhan nutrisi serta rutin untuk mengonsumsi makan sehat saat haid . Dengan mengonsumsi makanan sehat saat haid, dipercaya dapat membantu melancarkan proses haid serta menurunkan risiko timbulnya gejala yang membuat Anda tidak nyaman. Berikut ini merupakan daftar makanan yang dianjurkan saat haid , seperti yang dilansir dari laman Boldsky dibawah ini :

Makanan Sehat Ketika Haid

Sayuran Berdaun Hijau
Makanan sehat saat haid seperti sayuran yang berdaun hijau misalnya, bayam, tinggi akan kandungan zat besi didalamnya yang sangat dibutuhkan tubuh dalam masa-masa haid. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih karena dapat menimbulkan efek kembung.
Ikan
Ikan seperti Salmon dan tuna merupakan jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi ketika sedang haid. Kedua ikan ini mempunyai banyak asam lemak omega 3 yang baik guna merelaksasi otot-otot didalam tubuh ketika sedang haid. 
Buah Pisang
Buah pisang tinggi akan kandungan kalium dan vitamin B6 yang bagus guna meningkatkan dan memperbaiki suasana hati. Disamping itu, makan pisang saat haid juga bisa membantu mengatur pergerakan usus untuk menghindari perut terkena diare. Namun semua buah tidaklah bagus untuk anda yang sedang haid, ada bebedapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid.
Air Putih
Kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab yang lumrah saat haid. Karena, dalam masa haid seorang wanita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, minumlah air putih paling tidak 5 liter dalam sehari, karena air putih merupakan minuman yang baik saat haid.
Daging Merah
Daging merah didalamnya terkandung banyak zat besi, yang diperlukam oleh wanita saat haid. Mengonsumsi daging merah tanpa lemak dengan salad dapat membantu meningkatkan energi serta mengatur kelancaran aliran haid. 
Kacang-Kacangan
Bila Anda vegetarian, mengonsumsi kacang-kacangan saat haid sangat direkomendasikan. Yang tergolong kacang-kacangan seperti, kacang tanah, kacang mete, kacang bogor, biji kuaci, walnut, wijen, serta biji bunga matahari. Kacang-kacangan adalah sumber zat besi yang sangat baik, karena dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.
Cokelat
Salah satu alasan penting mengapa cokelat bagus dikonsumsi saat haid yaitu karena cokelat mengandung magnesium, nutrisi yang sangat diperlukan oleh wanita saat dalam kondisi haid. 
Buah-Buahan
Buah sehat saat haid seperti plum, berries, dan semangka adalah salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi saat haid. Disamping membantu melancarkan aliran darah, buah-buahan juga dapat membantu mengurangi kram.

Hal Yang Dilarang Saat Haid

Kalau diatas sudah dijelaskan tentang makanan sehat saat haid, dibawah ini akan dijelaskan makanan yang dilarang saat haid. Dalam masa haid faktanya ada beberapa jenis makanan yang dilarang saat haid, karena bisa menyebabkan pendarahan yang berlebihan atau menimbulkan rasa sakit yang lebih di bagian tubuh. Apa saja makanan yang dilarang saat haid? Berikut penjelasannya.
Makanan atau minuman yang mengandung kafein
Pada saat haid, sebaiknya untuk mengurangi asupan kafein ke dalam tubuh terlebih bila bisa menghentikan konsumsi kafein ini. Bahaya kafein bisa menyebabkan gangguan di sirkulasi darah, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya abnormalitas pendarahan saat haid atau menstruasi.
Makanan yang berminyak terlalu banyak
Makan yang digoreng, atau sering kita kenal dengan nama gorengan, memang enak dan gurih saat dimakan. Tetapi kandungan minyak yang sangat banyak didalamnya, dapat memicu meningkatnya jumlah lemak dan kolesterol dalam tubuh, sehingga mempengaruhi siklus haid anda nantinya. Karena kolesterol dari gorengan ini bisa menyebabkan tidak lancarnya peredaran darah, sehingga mempengaruhi siklus haid yang alami.
Banyak mengkonsumsi makanan manis
Gula dan bermacam jenis makanan yang terlalu manis tidak baik dikonsumsi saat haid. Karena gula dapat memberikan kalori yang terlalu tinggi, yang dapat menyebabkan gangguan haid. Apabila anda ingin mengkonsumsi makanan manis, maka kurangilah kadar gulanya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
Junk Food
Makanan junk food atau makanan cepat saji memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang berbahaya. junk food dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan dan tidak wajar. Disamping itu, bahaya makanan cepat saji ini dapat mengakibatkan terganggunya proses haid yang anda alami. Demi kesehatan dan kelancaran haid yang anda, maka hindarilah makanan junkfood ini, serta konsumsilah makanan yang tinggi akan serat, protein dan zat besi.
Makanan Olahan
Selain junk food, makanan olahan seperti mie, nugget, bakso, dan bermacam jenis makanan lainnya adalah makanan yang tidak dianjurkan saat haid. Begitu juga saat haid tidak boleh minum es, karena makanan ini dapat menyebabkan gangguan kelancaran haid yang anda alami.
Makanan yang berlemak tinggi
Daging merah adalah sumber makanan yang mengandung protein dan baik bagi anda yang sedang haid. Tetapi, sayangnya daging merah mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak yang tinggi inilah yang menjadikan daging merah dilarang saat haid. Jika anda ingin mengkonsumsi daging merah, maka kurangi porsinya, supaya tidak mempengaruhi proses haid atau menstruasi yang sedang di alami.
Demikianlah beberapa rekomendasi makanan sehat saat haid dan juga makanan yang dilarang saat haid. Semoga artikel ini bermanfaat serta memberikan wawasan untuk kita semua. Terimakasih.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here