by

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Candil Enak

Resep Bubur Sumsum Candil – Banyak sekali makanan atau jajanan tradisional yang sampai sekarang masih di perjualbelikan, salah satunya yaitu bubur sumsum candil. Makanan tradisional ini dari dulu sampai sekarang masih saja menjadi makanan favorit karena rasanya yang lezat juga sangat legit. Dulu makanan ini hanya ada di daerah – daerah terpencil atau di kampong, tapi sekarang di kota – kota besar juga sudah ada yang menjualnya bahkan sampai dibikin kios khusus bubur sumsum candil ini. Memang selain rasanya yang sangat legit dan lezat makanan ini juga gampang sekali cara pengolahannya, bahan utamanya juga hanya menggunakan tepung beras ketan. Proses pembuatannya sangat cepat sekali, sehingga banyak orang yang membuatnya sendiri dirumah.

Bubur sumsum candil ini sangat cocok disajikan saat musim hujan tiba, dengan cuaca yang sangat dingin bisa menjadi hangat jika menyantap bubur sumsum candil ini. kebetulan nih sebentar lagi kan mau masuk musim hujan, jadi bubur sumsum candil ini bisa menjadi salah satu makanan yang wajib kita sajikan saat turun hujan apalagi kalau malam hujannya. Nah bagi yang belum tau cara membuat bubur sumsum candil ini jangan berkecil hati karena sekarang kita akan membahas Cara Membuat Bubur Sumsum Candil yang enak dan lezat, berikut resepnya.

Baca juga :   Resep Cara Membuat Coklat Praline Nikmat

Bahan – bahannya :

  • Tepung ketan = 200 gram
  • Air bersih = 175 ml
  • Air kapur sirih = 1 sendok teh

Bahan untuk membuat kuahnya :

  • Gula merah = 200 gram
  • Tepung beras = 2 sendok makan
  • Daun pandan = 3 lembar
  • Tepung ketan = 1 sendok makan
  • Air bersih = 750 ml
resep bubur sumsum candil
resep bubur sumsum candil

Bahan untuk membuat saus santan :

  • Santan = 750 ml
  • Daun pandan = 1 lembar
  • Garam = ½ sendok teh

Cara membuat bubur sumsum candil :

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan
  2. Masukan tepung ketan kedalam wadah tersebut lalu tambahkan air bersih sambil diuleni, tuangkan airnya sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk.
  3. Lalu bentuk adonan bulat – bulat kecil dan sisihkan kedalam wadah yang lain. Taburkan juga tepung kedalam adonan yang sudah dibentuk agar adonan tidak menempel satu sama lain.
  4. Setelah adonan dibuat semua, siapkan panci lalu masak air dicampur dengan gula merah, dan daun pandan sampai mendidih.
  5. Jika seudah mendidih angkat dulu, saring kemudian didihkan lagi.
  6. Sekarang masukan bulatan – bulatan adonan yang tadi kita buat satu per satu kedalam rebusan gula merah tadi sampai semua adonan mengapung.
  7. Campurkan juga tepung beras dan tepung ketan yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Lalu aduk hingga matang dan mengental.
Baca juga :   Resep Cara Membuat Bubur Yang Nikmat Spesial

Cara membuat saus santan :

  1. Sobek daun pandan lalu buat simpul, terserah kreasi sendiri mau seperti apa.
  2. Masak semua bahan saun santan dengan api kecil hingga mendidih dan mengental.

Setelah semua bahan sudah dimasak tuangkan bubur sumsum candilnya kedalam mangkuk lalu kucuri dengan saus santan diatasnya, juga daun pandan sebagai hiasan. Selamat mencoba !

Baca juga Resep Cara Membuat Bolu Pandan Wangi Spesial

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular