by

Bersikap sombong kepada orang yang sombong itu adalah sedekah

Bersikap sombong kepada orang yang sombong itu adalah sedekah? – Tadi lihat di youtube rekaman penampakan Maher alias Ustadz Maher alias Toni (banyak kalipun aliasnya), di salah satu stasiun TV. Ketika di tanya oleh si pewawancara, “Apakah anda akan meminta maaf atas perkataaan anda yang kasar itu?”

Pak Maher ini kemudian menjawab “Tidak!, karena itu adalah perintah agama. Imam Syafie pernah menyampaikan bahwa “Bersikap sombong kepada orang yang sombong itu adalah sedekah”” begitu lebih kurangnya jawaban dari pak Maher.

Jadi jelas sekarang, kitab apa dan siapa yang di rujuk oleh Pak Maher ini sehingga beliau bisa beringas dan merasa enteng saja ngatain orang dengan dengan kata-kata yang tidak beradab.

Pernyataan Imam Syafie  (sebagian orang mengklaim bahwa itu adalah hadist) yang dikutip oleh Maheer atau Ustadz Maher alias Toni itu jelas bertentangan dengan Alquran. Tidak ada satupun ayat di Alquran yang membolehkan manusia bersikap sombong!

Nampaknya Pak Maher ini lebih tertarik mengamalkan ajaran yang gak jelas begitu ketimbang membaca ayat Alquran yang sudah terang benderang memerintahkan supaya kita bisa selalu bersikap sejuk, lemah lembut dan bertutur kata yang baik kepada sesama manusia. Itu satu.

Kedua; Nabi sendiri sudah dari jauh-jauh hari mengingatkan, bahwa jika suatu hari nanti ada orang yang membawa-bawa namaku, mengatas namakan aku dan menyampaikan kepadamu hadist yang bertentangan dengan Alquran, maka tolaklah. Itu udah jelas dan pasti bukan berasal dari aku.

Kembail ke soal sombong ini, Alquran jelas mengatakan bahwa “sesungguhnya sombong adalah dosa besar”

Belum lagi di ayat lainnya yang mengatakan;

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.”

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ (Q.S. An Nahl: 23)

Nah, seandainya Pak Maher itu baca ini Alquran, apakah beliau masih mau menolak firman Tuhan ini?

Jadi semakin jelas, bahwa ucapan dan rujukan Pak Toni alias Maher alias Ustadz Maher itu tidaklah perlu untuk di tiru oleh anak-anak muda Indonesia.

Islam adalah agama damai, agama yang mengajarkan kepada pengikutnya untuk selalu bersikap lemah lembut dan menjaga lisan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular