by

BUAH DARI AKAL SEHAT

BUAH DARI AKAL SEHAT

BUAH DARI AKAL SEHAT:  Kita disebut mempunyai akal yang sehat jika kita mampu berpikir dengan cara yang sehat.

“Apa keuntungan mempunyai akal sehat Bang? ” tanya Risauwati yang duduk disebelahku.

Kupandangi wajah Risauwati sambil tersenyum, dan kulihat dia tersipu gak jelas sembari senyum-senyum gak jelas pula. “Ehhhh, aku lagi bicara serius Ris”, kataku sambil menarik rambut poni kudanya itu..

“Iya Bang, Ris juga tanya serius”, jawab Risauwati dan kemudian ia meletakkan HP nya. “Nah gitu dong, kalau Abang lagi cerita, kamu itu jangan sibuk maen HP gitu, ini penting” Kataku lagi sambil ketawa dan kamipun ketawa ketiwi di pagi yg indah ini…

“Keuntungan kita mempunyai akal yang sehat adalah; pertama kita akan terlindung dari kebodohan. Ini penting sekali karena sesungguhnya hawa nafsu kita itu jauuuuh lebih liar dan buas dari binatang buas manapun. Dengan perlindungan dari akal sehat itu maka kita akan bisa berjalan di jalan yang lurus dan tidak akan pernah tersesat.

Baca juga :   Rocky Gerung - Jokowi LEMAH, Pilihlah dengan Prinsip!

Ketahuilah Ris, sesungguhnya nya, pada kali pertama Tuhan menciptakan akal, maka berkatalah Tuhan kepada akal tersebut; ‘Majulah kamu! ‘, lalu ia pun maju. Lalu Tuhan memerintahkan kepada akal itu lagi, ‘Mundurlah kamu’, maka ia pun mundur.

Kemudian Tuhan semesta alam berkata kepadanya, ‘Demi kemuliaan dan keagunganKu, Aku tidak menciptakan suatu ciptaan yang lebih agung dan lebih taat daripada engkau. Denganmu aku mencipta dan denganmu pula Aku mengembalikan ciptaanKu. Denganmu pahala diberikan dan karenamu siksaan dijatuhkan”.

“Abang, itu beneran seperti itu perhatian Tuhan kepada akal? ” tanya Risauwati lagi, kali ini dia sembari melirik kearah HP nya yang tergeletak diatas meja, mungkin maksudnya untung meyakinkan saya bahwa dia sedang serius, tandanya serius dia gak main HP 🙂

“Iya, setidaknya begitulah keterangan hadist Nabi” jawabku pendek…

“Trus lanjut Bang” Goda Risauwati supaya obrolan kita berlanjut lagi…

“Trus, dari akal yang sehat itulah nanti akan keluar sifat yang SANTUN, dan dari KESANTUNAN itu akan lahir lah ILMU, dari ILMU itu lahirlah KEMATANGAN, dan dari Kematangan lahirlah KESUCIAN DIRI, dari Kesucian Diri lahirlah PENJAGAAN, Dari Penjagaan lahirlah RASA MALU.

Baca juga :   Kasus Rocky Gerung ; Pelapor Kitab Suci Fiksi Tidak Belajar Logika

Dari rasa malu lahirlah KETENANGAN, Dari Ketenangan lahirlah KONSISTENSI pada Kebaikan dan benci terhadap Keburukan.

Dan karena benci terhadap keburukan itulah maka seseorang baru bisa menaati orang yang memberikan nasehat. Inilah sepuluh macam kebaikan yang kita bisa dapat jika kita mempunyai akal yang sehat”, tambahku menjawab Risauwati tadi

“Iya, ya Bang, Ris sekarang baru sadar bang, kenapa Ris dulu gak hirau waktu abang larang jangan selingkuh ama Om2 itu, boleh jadi karena Ris tidak mempunyai akal yang sehat, karena tak punya akal yang sehat maka Ris Tak benci pada keburukan dari perselingkuhan itu.”  gumam Risauwati kemudian, seolah-olah ia sedang berbicara dan  mengoreksi  dirinya sendiri di pagi hari ini.

“Ohhh, jadi sekarang lo dah sadar?”  balasku sambil kutarik lagi rambut poni kudanya itu dan kamipun ketawa terbahak-bahak mendobrak pagi ini dengan ketawa yang sehat hahaha…

 

#akal sehat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular