by

Jenis – Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Cara Merat Jenis Kulit – Posting saat ini masih membahas dunia wanita, yaitu cara merawat kulit wajah. Tentunya Anda sebagai wanita ingin selalu tampil cantik dan percaya diri. Bahkan untuk mendapatkan hal itu Anda rela melakukan apa saja. Mengeluarkan banyak uang salah satunya, memang benar pepatah mengatakan cantik itu mahal. Setiap wanita pasti mempunyai naluri ingin tampil cantik bersama teman-temannya ataupun di depan pasangannya. Namun tidak sembarangan dalam merawat kulit wajah, karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Hal inilah yang kita bahas pada posting kali ini.

Bersyukurlah bagi kalian para wanita yang terlahir dengan kecantikan alami. Tak perlu kalian berepot-repot mencari info kecantikan, karena kalian sudah terlihat cantik sejak lahir. Secara naluri, setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik. Bahkan, tak jarang ada beberapa wanita yang ingin menjadi cantik melalui cara-cara yang berbahaya bagi kesehatan. Seperti operasi plastik, suntik botox, sedot lemak, dan berbagai operasi-operasi mengerikan lainnya. Kecantikan yang terpancar dari seorang wanita bisa dilihat dari jenis kulit yang dimiliki. Kulit wanita yang terawat, secara langsung akan memancarkan kecantikan wanita tersebut.

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia yang bersentuhan dengan lingkungan luar secara langsung. Kulit paling sensitif yang terdapat pada tubuh manusia adalah kulit wajah. Berdasarkan perawatannya, kulit wajah terdiri atas beberapa macam. Antara lain, kulit normal, kulit kering, berminyak, kombinasi, dan kulit sensitif. Berikut adalah info kecantikan tentang perawatan bagi bermacam jenis kulit wajah pada wanita.

Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

1. Kulit Normal

Bagi anda para wanita yang memiliki jenis kulit yang normal sepertinya tidak akan dipusingkan oleh masalah-masalah kulit, seperti jerawat dan minyak berlebih di sekitar daerah muka. Perawatan yang diperlukan untuk jenis kulit normal pun cenderung sederhana. Jika Anda biasa menggunakan pembersih muka, maka gunakan saja pembersih muka saat kulit wajah terasa benar-benar kotor dan membutuhkan perawatan untuk bisa membuatnya bersih kembali. Hindari penggunaan pencuci muka secara berlebihan karena hal itu justru akan membuat wajah normal Anda menjadi tidak normal.

Baca juga Wajah Cantik Alami

Dengan perawatan yang berlebihan, seseorang yang berkulit wajah normal akan cenderung meningkatkan minyak atau sebaliknya, menjadikan kulit mereka menjadi kering. Selain itu, pilihlah pencuci muka yang memang diperuntukkan bagi kulit wajah yang normal. Namun, jika Anda tetap ingin melakukan perawatan yang intens, lakukan saja perawatan alami dengan menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang mampu menutrisi kulit. Anda yang berkulit normal juga bisa menggunakan air teh yang didiamkan selama semalaman untuk cuci muka di pagi hari. Masker buah yang bisa digunakan oleh orang dengan kulit normal adalah buah tomat, buah stroberi, dan buah bengkoang. Gunakan masker setiap seminggu dua kali karena nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit normal tidak terlalu banyak seperti nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kering atau berminyak.

2. Kulit Berminyak

Jenis kulit yang berminyak sepertinya merupakan jenis kulit yang paling banyak mempunyai masalah. Wanita dengan kulit berminyak pasti akan seringkali direpotkan oleh berbagai masalah yang menyerang kulit wajah. Kulit berminyak mempunyai pori-pori yang terlihat besar, kulit pun akan terlihat berminyak sepanjang waktu. Sama halnya dengan perawatan bagi kulit normal, pemilik kulit berminyak pun bisa menggunakan pembersih muka yang memang diperuntukkan khusus bagi kulit yang berminyak. Gunakanlah pembersih muka dengan dua tahap, seperti susu pembersih dan toner yang mampu mengangkat kotoran yang menempel di wajah.

Jika Anda ingin menggunakan perawatan alami, gunakan saja masker alpukat atau jeruk nipis yang bisa mengurangi minyak dan jerawat pada wajah kulit berminyak. Gunakan setiap dua hari sekali hingga kulit terasa normal. Apabila kulit sudah terasa normal, gunakan pemakaian masker setiap seminggu sekali saja. Untuk mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah, kita bisa menggunakan buah apel yang dihaluskan untuk kemudian dijadikan masker. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

Gunakan pula sapu tangan yang lembut dan basah tiap kali mengusap keringat karena mengusap keringat dengan tangan akan sangat mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminum air perasan jeruk nipis di pagi hari untuk membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dan tubuh Anda tetap bugar walaupun aktivitas yang dilakukan sangat menumpuk. Olahraga ringan seperti joging atau jalan cepat tiap sore juga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga mengurangi minyak dan jerawat pada wajah dan tubuh Anda. Jadi, selain menggunakan produk pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit, melakukan olahraga ringan secara teratur pun bisa membantu mengatasi problem kulit berminyak Anda. Tapi ternyata, tidak selamanya kulit berminyak membawa ‘bencana’ bagi pemiliknya. Wanita dengan kulit berminyak rupanya tidak akan direpotkan dengan kulit yang keriput pada masa tuanya nanti.

3. Kulit Kombinasi

Jenis kulit seperti ini berminyak pada daerah seputar dahi dan hidung, dan cenderung kering di bagian pipi.Perawatan pada jenis kulit seperti ini tergolong sulit karena Anda harus pandai-pandai memilih produk perawatan kecantikan yang tepat. Para wanita dengan kulit jenis ini harus memisahkan perawatan antara daerah T (dahi, hidung) yang berminyak dengan daerah sekitar pipi yang cenderung kering. Perawatan pada kulit kombinasi bisa dilakukan dengan membuat masker wajah dari mentimun dan lidah buaya. Anda juga bisa mencari produk perawatan kecantikan yang memang diperuntukkan khusus untuk pemilik kulit kombinasi. Atau Anda juga bisa mengatasinya dengan berkonsultasi ke klinik kecantikan yang dapat dipercaya sehingga bisa mendapatkan saran mengenai cara yang tepat untuk merawat kulit kombinasi Anda.

4. Kulit Kering

Kulit kering biasanya akan terhindar dari jerawat karena produksi minyak pada kulit yang sangat minim. Wanita yang memiliki jenis kulit seperti ini hendaknya tidak pernah lupa untuk selalu menggunakan pelembab wajah. Hindari juga pemakaian sabun pada kulit wajah karena hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Pakailah produk kosmetik yang memang diperuntukkan khusus bagi kulit kering karena penggunaan produk yang tidak tepat akan membuat kulit kering semakin rusak dan terlihat kusam nantinya.

Perawatan alami terhadap jenis kulit kering bisa menggunakan kulit jeruk. Caranya adalah dengan merendam kulit jeruk yang telah ditusuk-tusuk ke dalam air hangat, dan membasuhkannya pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C agar kulit kering Anda menjadi lebih ternutrisi. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga secara teratur agar metabolisme dan sirkulasi darah berjalan dengan lancar sehingga produksi kelenjar minyak dalam tubuh pun bisa meningkat dan membuat wajah Anda lebih bersinar.

5. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif sangat peka terhadap berbagai rangsangan dari luar. Kulit jenis ini akan mudah teriritasi bila pemakaian riasan tidak sesuai. Hindari juga pemakaian alkohol pada produk-produk kecantikan Anda. Para wanita memang sudah selayaknya memperhatikan kesehatan kulit wajahnya. Menyesuaikan perawatan dengan jenis kulit yang dimiliki nampaknya bisa sedikit meminimalisasi masalah-masalah yang terjadi pada kulit Anda. Gunakanlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan hindari pemakaian jika terjadi iritasi pada kulit wajah Anda. Namun, untuk menghindari hal-hal seperti itu, konsultasikanlah jenis kulit Anda terlebih dahulu dengan ahli kecantikan atau dokter kecantikan yang Anda percaya. Jika sudah ditemukan jenis kulit yang memang sesuai dengan kriteria, maka gunakan produk perawatan kecantikan yang memang pas untuk jenis kulit Anda.

Lantas, jika sudah cocok dengan satu produk, jangan pernah tergiur oleh produk lain yang mengiming-imingi kecantikan dalam waktu yang cepat karena hal itu akan kembali merusakkan kulit wajah Anda. Tentu Anda tidak mau terjadi hal yang buruk ketika Anda sudah mendapatkan wajah cantik dan bersih kan? Setialah menggunakan satu poduk jika itu membuat Anda lebih cantik dan bersih. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular