by

Debat Capres Malam Ini

Dalam debat kali ini, jokowi nampaknya tidak menggunakan strategi bertahan, melainkan beliau sering melakukan serangan balik alias counter attack jika disalah-salahin. 

Dan…… haiyyyaaaaa… ternyata counter attack nya Jokowi ada yg langsung bikin gol saudara-saudara. 

Dgn counter attack pakai jurus berlari tanpa bola, Jokowi telah berhasil memaksa Prabowo ‘ jujur’ dengan mengatakan bahwa presiden presiden sebelumnya juga salah. 

Hal ini tentu saja sontak bikin Partai Demokrat meradang dan AHY langsung ngambek dan bikin konfrensi pers kayaknya tuh.  

Teknik sederhana dari Jokowi telah berhasil memecah belah pertahanan lawan. 

Disinii Jokowi kita kasih nilai A, keren habis siy… 😅

Cuma sayang, pada permainan berikutnya Jokowi tampil agak emosian. 

Ini mungkin karena faktor lelah hayati aja kali ya, dah capek seharian kampanye, ehhhh terus enak aja tuh Prabowo nyalah-nyalahin lagi soal urusan BUMN lah, anulah, itulah…. 

Tapi masih untung juga sih jokowinya gak bilang begini, “gw lagi capek tau…! Kalau mau nyalah2in mbok lihat2 situasinya dulu dong…” 🤣😅

Kita khawatir Jokowi ngomong gitu karena 

Prabowo tampil masih seperti biasanya, bawaannya judging mulu. Kalau ini kita ga tau, apa dah bawaan beliau begituh atau karena beliau masih pusing mikirin soal pemerkosaan Ibu Pertiwi kemarin yang belum ketangkap juga? 

Karena ada faktor emosian, tampil garang dan agak nyolot gimana gituh, maka untuk Jokowi dan Prabowo kita kasih masing masing nilai A- , atau masing-masing juara ke 2 deh. 

Adapun juara 1 dan bintang lapangannya untuk malam ini adalah Sandiiiiiiiiiii Uuuunnnnoooooo

Juara 3 nya kosong….

Pak Kyai ga bisa kita masukkan jadi juara 3 karena beliau kebanyakan duduk dibangku cadangan, tidak ikut dimainkan.

Sekalinya ikut main, cuma disuruh bacain contekan aja… 😀

Tapi gapapalah, kita harus kasih juga penghargaan buat Pak Yai. Yai kita kasih juara harapan, atau juara 4 lah. 

Jadi juara 4 nya adalah Pak KYai MA. 😂

Catatan: 

Catatan pertama adalah soal seru-seruan nya, yaitu pas waktu Pak jokowi sedikit esmosian dikejar sama Pak Sandi soal ekonomi mikro, ekonominya mak2 dan rakyat kebanyakan. 

Jokowi agak emosian karena beliau biasa main gelondongan, partai grosir alias ekonomi makro. Lah Sandi malah bahas bu anulah, bu tukiyem atau bu siapa itu…? 

Tapi kita yg nonton taulah maksudnya Sandi, yaitu ingin bicara mikro. Sandi ingin bicara fakta lapangan, yaitu urusan dapurnya mak2; listrik yg naiklah, BBM yg naik, harga pangan yg naik dan seterusnya… 

Jadilah satu omong Ekonomi Makro, yang satunya lagi omong Ekonomi Mikro

Jadi kayak gak nyambung…. 

Di point ini, saya kasih skor Sandi A untuk strategi debatnya, Jokowi A(-) 

Yang kedua, yang belum selesai dan kayaknya nanggung banget tuh, yaitu soal misi dan cara pandang mereka terhadap pembangunan ekonomi kedepan. Disini jokowi nampaknya lebih kepada pendekatan teknologi sementara Sandi Bicara pertahanan pangan, pertanian. 

Kalau ini beneran gak nyambung, tapi gak nyambungnya ini memang kayanya disengaja oleh Sandi.  

Sandi ingin bermain bola dribble disini, ingin giring bola sendiri dan gol-in sendiri. 

Karena kalau kita perhatikan, gak nyambungnya bukan karena ketidaktahuan mereka akan subject matter, melainkan karena mereka punya cara pandang yg berbeda untuk membangun pertumbuhan ekonomi dan meletakkan skala prioritasnya. Nah ini sebenarnya asyik kalau digali. 

Harusnya ini seru, kalau saja waktunya lebih panjang dan jokowi sedang gak capek. 

Trus yang ketiga, pengaruh debat ini terhadap pemilih. 

Seandainya bukan Prabowo pasangannya sandi, maka debat kali ini dipastikan bisa sangat berpengaruh terhadap pemilih terpelajar yang posisinya masih netral. 

Tapi kalau bagi saya sih harus ditambah lagi syaratnya, yaitu harus tidak ada Ormas Radikal dan Intoleransi serta HTI dibelakangnya. 

Itu kalau sayah sih… 

Kalau fans berat dari masing-masing kubu pasti gak ngaruhlah… 

Apapun yang mereka omongkan, teetaaaaaaap gak ada gunanya, mungkin gak didengerin juga. Pokoknya dah cinta mati dah ama capres masing-masing 🤣

Jadilah saya berandai-andai, seandainya para fans akut itu mau mendengar dan menerima kelebihan dan kekurangan masing2 capres, betapa indahnya pemilu ini 😍

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular