by

Ilmu adalah Cahaya

Obrolan warung kopi tadi pagi…

Bang, apakah benar bahwa ilmu itu adalah cahaya? tanya Risauwati. “ Iya betul, Ris” jawabku pendek.

“Hmmm, anu…Bang, Kalau benar bahwa ilmu itu adalah cahaya, tapi kenapa banyak orang yang berilmu namun tidak mencerminkan sifat-sifat cahaya? tidak menerangi dan tidak juga mencerahkan?

Lucunya lagi Bang, yang terjadi sebaliknya malah banyak. Diantara orang-orang yang berilmu itu ada yang malah masuk ke dunia hitam; jadi mafialah, koruptorlah, pecandu narkobalah dan ada juga yang jadi sepesialis penjahat kelamin segala, padahal jelas mereka adalah orang-orang terdidik, berilmu tinggi dengan setumpuk gelar akademis pula, doktorlah, profesorlah, belum lagi ditambah dengan latar belakang sosial keluarga yang mentereng” Lanjut Risauwati kritis, ini cewek walapun cantik tapi tetap kritis, beda banget sama si Galauwan, Cuma tampan doang, tapi B ajah 😅🤭 (red; B=Biasa aja)

“Oh Itu karena wadahnya kotor Ris, untuk wadah yang kotor, hati yang kelam, maka ilmu itu memang tidak akan bisa bermetamorfosa kepada diri pemiliknya menjadi cahaya. Ilmu yang dicari dan diburu untuk kepentingan materi dan urusan duniawi semata, maka ia hanya sampai kepada tujuan materialnya itu saja, yaitu hanya sekedar menjadi objek analisis. Alih-alih Ilmu itu akan menjadi cahaya, ia bahkan akan menjauhkan pemiliknya dari Tuhan Sang Pemilik Cahaya itu sendiri.

Contoh nyata terkait persoalan ini adalah sebagaimana yang bisa kita saksikan dari cerita si Iblis. Iblis telah membuktikan bagaimana ia dilaknat Tuhan dan terjauh dari cahaya Ilahi walaupun sejati nya si Iblis memiliki ilmu yang berlimpah.

Namun demikian, ilmu itu memang benar-benar akan menjadi cahaya dan menjadi penerang kalau ia berlabuh di hati yang bersih. Untuk wadah yang bersih, hati yang suci maka padanya ilmu itu bener-bener akan menjadi cahaya dan penerang.

Karena itu, carilah cahaya kebenaran sepanjang usia masih tersisa, bercahayalah sehingga kegelapan sirna karenamu. Jangan kita terjerembab kedalam kegelapan, karena dalam gelap semua milikmu akan sirna. Kegelapan bahkan akan mencampakkan bayanganmu dari dirimu.”

Dalam gelap, bayanganpun akan melarikan diri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular