by

Jenis Penyakit Kulit, Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyakit Kulit

Penyakit Kulit

Penyakit Kulit –  Pada kesempatan kali ini admin logkesehatan.blogspot.co.id  akan mengupas tentang jenis – jenis penyakit kulit dan obatnya . Sebenarnya daftar nama penyakit kulit begitu banyak mulai yang ringan sampai yang terberat, biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, alergi serta jamur,  yang bisa menyerang manusia. Tergantung sistem imun tubuh kita, bila sistem kekebalan tubuh kita lemah, maka akan sangat gampang terserang. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Penyakit Kulit Herpes 

Penyakit Kulit Herpes
Herpes atau kadang dikenal dengan penyakit cacar adalah penyakit radang kulit yang ditandai oleh bentuk seperti gelembung yang berisi air secara berkelompok. PenyaKit Herpes ini ada 2 jenis yaitu, Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya penyebabnya adalah virus. 

Penyakit Kulit Herpes Simplex

Herpes Simplex terbagi menjadi dua jenis. Tipe 1 atau Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus ini sering terjadi pada bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 faktanya infeksi yang sering ditemukan pada seseorang. Di Amerika Serikat, 30% hingga 90% orang yang mengidap herpes kulit dominan adalah orang dewasa, meskipun banyak orang tidak pernah merasakan gejalanya sekalipun. HSV 1 misalnya sariawan di mulut bibir dan ruam lainnya, dapat diobati namun tidak bisa sembuh total karena sewaktu-waktu bila kekebalan tubuh melemah dapat kambuh lagi.
Tipe 2, dikenal dengan HSV-2, virus ini menyerang diarea pinggang ke bawah, umumnya pada bagian kelamin sehingga dikenal dengan Herpes Genitalis. HSV2 (herpes genitalis) tidak dapat menular lewat udara, tetapi dapat menular lewat hubungan sex. Herpes ini dapat muncul di vagina, dubur serta selangkangan kaki. Ini juga tidak dapat sembuh secara total. Pada seorang ptia herpes ini nampak terlihat namun pada seorang wanita tidak nampak.

Penyakit Kulit Herpes Zoster

Herpes zoster juga dikenal penyakit infeksi pada kulit yang merupakan perkembangan dari cacar air karena virus yang menginfeksinya sama. Cuma ada perbedaan dengan cacar air, herpes zoster mempunyai ciri dengan gelembung yang lebih besar dan berkelompok diarea tertentu di tubuh kita, seperti di bagian punggung, dahi maupun dada. Proses penularan herpes zoster ini dapat melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan langsung di atas gelembung yang pecah.

Gejala Herpes

Gejala yang ditimbulkan dari serangan virus herpes secara umum yaitu demam, nyeri sendi, menggigil, sesak napas. Munculnya bintik merah di kulit yang akhirnya menjadi gelembung cair. Keluhan lainnya biasanya sakit perut. Umumnya gejala ini berlangsung selama sekitar satu minggu. Berbeda  dengan obat penyakit kulit kurap, simak penjelasan selanjutnya tentang pengobatan penyakit herpes berikut ini :

Penanganan dan Pengobatan Herpes

Hal mendasar yang wajib dilakukan oleh penderita yaitu menjaga gelembung agar tidak pecah supaya tidak meninggalkan bekas dan menjadi pintu masuk para kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan menaburkan bedak talek untuk melicinkan kulit. Bila penderita tidak tahan terhadap suhu yang dingin disarankan ahar tidak mandi, karena dapat menimbulkan shock.
Obat yang diberikan hanya ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya dikasih paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, valacyclovir, famciclovir dan penciclovir) sebagai antiviral agar mengurangi demam dan rasa nyeri, komplikasi, serta melindungi penderita dari melemahnya daya tahan tubuh menghadapi virus herpes. Ada baiknya pemberian obat Acyclovir saat munculnya rasa nyeri atau rasa panas di kulit, tidak harus menunggu munculnya gelembung cairan terlebih dahulu.

Penyakit Kulit Psoriasis 

 

 Penyakit Kulit Psoriasis
Penyakit kulit psoriasis yaitu penyakit kulit kronis yang ditandai oleh warna kemerahan, kadang-kadang berbentuk sisik seperti penyakit kulit kurap di area kulit epidermis. Psoriaris mempunyai berbagai bentuk sesuai tipenya. Tipe penyakit psoriasis sendiri memiliki banyak macam. Antara lain sebagai berikut :

Macam – macam Jenis Penyakit Kulit Psoriasis

Mari kita perhatikan lebih detail tentang penyebab penyakit kulit dibawah ini.

Plaque Psoriasis 


Plaque psoriasis merupakan bentuk psoriasis yang sangat umum terjadi manusia. Jenis penyakit ini miirip seperti (penyakit kulit kudis) yang pada umumnya diderita lebih dari 80% Penderita psoriasis. Beberapa orang mempunyai gen keturunan yang berhubungan dengan psoriasis, namun hanya sebagian yang menjadi penyebab psoriasis itu muncul. Tidak ada penyebab dan obat yang pasti untuk penyakit psoriasis.

Guttate Psoriasis


Guttate psoriasis timbul berbentuk titik merah kecil di kulit. Ini merupakan bentuk yang umum ditemukan pada pengidap psoriasis selain Plaque Psoriasis. Bintik bintik merah tersebut umumnya tidak setebal plaque psoriasis, namun mungkin akan berkembang menjadi plaque psoriasis dengan berjalannya waktu bila tidak ditangani dengan serius.

Flexural atau Inverse Psoriasis


Flexural atau Inverse Psoriasis umumnya muncul di lipatan kulit seperti lipatan ketiak, buah dada, atau selangkangan. Umumnya memiliki warna sangat merah , berkilau dan lebut. Biasanya orang yang mengalami Inverse Psoriasis mempunyai psoriasis jenis lain di tubuhnya. Keringat dan suhu yang lembab di permukaan kulit dapat merusak lapisan kulit. Banyak obat khusus untuk Psoriasis tipe ini dijual di pasaran.

Pustular Psoriasis


Pustular Psoriasis ditandai munculnya bintil putih yang di kelilingi oleh radang  kulit yang  berwarna merah. Tetapi, nanah yang ada didalam bintil tersebut tidak berbahaya ataupun menular. Umumnya pengerasan kulit juga dapat terjadi. Ada 3 jenis pustular Psoriasis yaitu : von Zumbusch, Palmoplantar pustulis, dan acropustolis. Dari ketiga sub kategori tersebut mempunyai gejala dan tingkat resiko yang berbeda. Pustular Psoriasis menginfeksi area badan, kaki dan tangan serta semua permukaan kulit. 

Nail Psoriasis


Meskipun bukan kategori khusus dari penyakit Psoriasis, nail Psoriasis merupakan bentuk lain dari psoriasis yang menyerang lebih dari 50% penderita psoriasis di dunia. Kondisi ini kadang membuat kita bingung antara infeksi kuku atau Psoriasis. Nail Psoriasis mengakibatkan kuku menjadi mati, bercabang, patah dan ada penampakan warna putih dibagian bawah kuku. Tidak ada obat khusus untuk Nail Psoriasis , beberapa pengobatan lokal bisa saja dapat mengatasi hal ini.

Scalp Psoriasis


Beberapa tipe Psoriasis bisa saja muncul di sekitar kulit kepala. Beberapa bahkan membuat radang ketombe yang begitu mengganggu, dan juga kadang menimbulkan rasa sakit dan gatal di kulit kepala. Dapat menjalar sampai ke wajah, leher, serta kuping berbentuk bercak besar ataupun bercak kecil. Dalam beberapa kasus, scalp Psoriasis bisa membuat kesehatan rambut terganggu. Menggaruk yang berlebihan bisa mengakibatkan infeksi dan kerontokan rambut. Hal ini juga bisa membuat malu dan stress si penderita . Pengobatan khusus dibutuhkan, dan umumnya memakan waktu  lama sekitar 2 bulanan, dibarengi juga oleh perawatan rutin setiap hari guna menjaga hygiene kulit kepala.

Psoriatic Arthritis


Psoriatic Arthritis efeknya begitu menyakitkan dan kondisi ini juga mengakibatkan penderita mengalami masalah secara fisik. Umumnya menyerang pada area sendi tubuh, dan kadang menjadi sangat berbahaya bila menginfeksi di bagian sendi tangan. Tidak ada pengobatan khusus untuk Psoriatic Arthrhitis ini, tetapi rasa sakit dapat dikurangi oleh pengobatan dengan memberi kalium diklofenak, serta asam mefenamat.

Erytrhodemic Psoriasis


Psoriasis jenis ini mempunyai penampakan seperti luka bakar di kulit. Meliputi umumnya wilayah tubuh penderita, kadang juga pengelupasan kulit terjadi di beberapa area tubuh. Penyakit jenis ini begitu menyakitkan dan umumnya juga membutuhkan perawatan yang intensif di rumah sakit. Erythrodemic Psoriasis bisa juga terjadi secara bersamaan dengan pustular Psoriasis. Disebabkan oleh radiasi sinar matahari yang berlebih, alkoholism, infeksi, stress serta pemakaian obat psoriasis yang terlalu banyak.
Perawatan Penyakit Psoriasis

Meskipun belum ditemukan pengobatan yang pasti untuk psoriasis, pemakaian obat penghilang sakit umumnya bisa digunakan seperti corticosteroid, asam mefenamat, dan sebagainya. Ahli farmasi juga mengalami kendala untuk membuat obat yang secara general bisa dipakai pada semua jenis Psoriasis, tapi pada umumnya pengobatan diberikan spesifik untuk satu jenis Psoriasis  saja.

Penyakit Kulit Eksim

 

Penyakit Kulit Eksim
Eksim dalam bahasa medisnya Dermatitis yaitu istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang meradang serta iritasi. Peradangan ini dapat terjadi diarea mana saja tetapi yang paling umum terdapat di tangan dan kaki. Jenis eksim yang kerap kita dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai nampak pada masa anak-anak terutama ketika mereka berumur diatas 2 tahun. Pada beberapa kejadian, eksim akan lenyap seiring bertambahnya umur, akan tetapi tidak sedikit juga yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang cepat dan tepat, jenis penyakit kulit jamur ini bisa dikendalikan secara baik sehingga mengurangi intensitas kambuhnya.
Penyebab Eksim
Penyebab dari eksim sesungguhnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya tahan tubuh yang berlebihan. Sehingga menjadikan tubuh mengalami reaksi yang berlebihan terhadap bakteri. Maka dari itu, eksim yang merupakan jenis penyakit gatal pada kulit kebanyakan terdapat pada keluarga yang riwayat penyakit alergi atau asma.
Setiap orang mempunyai pemicu eksim yang berbeda. Ada orang yang sehabis memegang sabun atau deterjen akan merasa sangat gatal  , ada juga karena penyebab bahan atau alat rumah tangga yang lain. 
Gejala yang muncul pun beragam, seperti rasa gatal yang ringan namun rasa panas yang dominan, ada juga yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas diarea atas atau flu juga dapat memicu timbulnya eksim. Ditambah lagi stress yang dialami penderita akan menjadikan gejala semakin memburuk.
Walaupun hingga kini penyembuhan eksim sulit dilakukan, tetapi pada beberapa kasus, pasien bisa mengurangi kekambuhan dengan  pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menjadi pemicu eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar antar orang. Dan untuk penanganannya jangan anda samakan dengan jenis penyakit kulit pada anak yang umumnya terjadi, walaupun sama-sama penyakit kulit.
Pengobatan Penyakit Eksim
  • Tujuan utama dari pengobatan yaitu menghilangkan rasa gatal guna mencegah infeksi terjadi.
  • Saat kulit nampak kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat disarankan guna menjadikan kulit menjadi lembab. Tindakan ini umumnya dilakukan ketika kulit dalam keadaan sedikit basah, misalnya saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan menjaga kelembaban kulit.
  • Kompres dingin juga diyakini bisa mengurangi rasa gatal yang terjadi.
  • Salep atau krim yang memiliki kandungan kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan guna mengurangi proses inflamasi atau peradangan.
  • Untuk kasus yang parah, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan jika pada area eksim sudah terinfeksi maka akan diberikan antibiotik guna membunuh bakteri penyebab infeksi.
  • Obat lain yang diperlukan yaitu antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang berlebihan, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak mempan dengan segala jenis pengobatan yang diberikan diatas.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis penyakit kulit dan berbagai macam cara pengobatannya. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah berkunjung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular