by

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil – Perkembangan dan kesehatan bayi didalam kandungan tergantung pada nutrisi yang bunda konsumsi ketika dalam proses kehamilan. Cermati makanan sehat ibu hamil trimester pertama agar ibu dan janin tetap sehat. Ketika sedang mengandung, sebenarnya bunda tidak usah makan terlalu banyak seperti porai untuk dua orang. Faktanya, bunda hanya perlu menambah sekitar 300 kalori, atau setara dengan 1 buah pisang dan 1 mangkok sereal dengan susu rendah lemak.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Namun, tentu perlu juga untuk mencukupi berbagai keperluan nutrisi tersebut dari berbagai jenis makanan yang berbeda. Seperti asam folat berfungsi untuk menghindari cacat bawaan, kalsium dan protein untuk membentuk jaringan tubuh serta tulang bayi, dan zat besi guna membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke janin. Nah, dibawah ini adalah makanan sehat untuk ibu hamil muda 2 bulan pertama, yang akan logkesehatan.blogspot.co.id jelaskan dibawah ini, yuk kita simak.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 1 Bulan 

 

Makanan sehat untuk ibu hamil

Bunda harus mengetahui bila saat  sedang hamil pada bulan pertama penting untuk diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Bulan pertama setelah pembuahan sel telur oleh sperma maka perubahan hormon estrogen dan juga progesteron akan semakin meningkat. Di bagian embrio yang tidak menempel di rahim akan tumbuh.
  • Disamping itu pembentukan telah dimulai seperti tulang belakang, tulang ekor, tulang iga serta sistem saraf.
  • Di bulan pertama sistem saraf dan jantung telah mulai terbentuk. Jantung sudah bisa berdetak untuk memompa darah ke semua area janin di dalam kandungan. Biasanya di akhir 1 bulan kehamilan, ukuran janin akan membentuk 1000 kaki lebih besar dibandingkan sel telur yang mengalami ovulasi.
  • Di kehamilan bulan ke 1 perubahan emosi sudah mulai nampak, misalnya sudah mulai suka menolak makanan karena penciuman tajam bunda. Padahal keperluan gizi begitu dibutuhkan guna menunjang pertumbuhan serta perkembangan janin.
Berikut ini adalah tips yang bisa bunda lakukan untuk memilih makanan yang pas bagi kehamilan pada bulan pertama :

Folid Acid

Di bulan pertama kehamilan, biasanya baru disadari oleh bunda setelah kehamilan 2-3 minggu. Oleh karena itu penting untuk segera menyesuaikan keperluan nutrisi untuk kehamilan. Salah satu yang dibutuhkan oleh bunda di bulan pertama yaitu folid acid. Folid acid bisa didapatkan pada kembang kol, brokoli, kacang kedelai, jagung, wortel, jambu, alpukat serta gandum. 

Asam Folat

Makanan yang sangat dibutuhkan di bulan pertama, seperti Sayuran hijau sangat dianjurkan karena mengandung asam folat. Salah satu sayur hijau kandungannya tinggi asam folat yaitu bayam. Asam folat mempunyai peran di awal kehamilan  untuk mencegah cacatnya tabung saraf. Bahkan asam folat mampu mengurangi risiko cacat lahir otak serta sumsung tulang belakang.
Cukupilah keperluan asam folat sekitar 600 mcg per hari. Bahkan asam folat begitu baik dikonsumsi 3 bulan menjelang kehamilan. Atau bahkan di 4 minggu pembentukan janin pertama. Makanan yang tinggi akan kandungan asam folat seperti kuning telur, kacang merah, sereal, susu dan sayuran hijau.

Zat besi

Ini juga tidak kalah penting bagi bunda di bulan pertama untuk mencukupi kebutuhan zat besi. Di awal kehamilan zat besi berkhasiat guna pembentukan sel darah merah buat bunda serta janin. Sehingga bunda menyiapkan diri guna beradaptasi dengan usia kehamilan berikutnya serta dapat mengurangi risiko lemah, letih serta lesu.

Kalsium

Menginjak minggu keempat bunda memerlukan kalsium yang tinggi. Kalsium mempunyai khasiat guna membentuk tulang janin. Janin yang kekurangan kalsium secara otomatis akan mengambil cadangan kalsium dari sang bunda sehingga bunda sangat berisiko mengalami keropos tulang.   
Bunda pasti mau kan makanan buat ibu hamil biar bayi pintar, maka dari itu sangat penting bagi bunda untuk memelihara kehamilan di satu bulan pertama ini. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, bunda bisa menyiapkannya sebelum kehamilan untuk menjaga kondisi bunda sebelum pembuahan. Dan juga jangan lupa untuk menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil agar selama menjalani proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar nantinya.

makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan

 

Makanan sehat untuk ibu hamil

Menginjak bulan kedua kehamilan bunda akan mengalami perubahan yang secara psikis walaupun secara fisik belum begitu nampak kelihatan. Perkembangan janin awal dua bulan pertama adalah detak jantung yang sudah mulai berdiri sendiri. Bahkan plasenta serta tali pusat telah mulai bekerja. Pembentukan telinga juga sudah semakin sempurna. Begitu juga dengan pencernaan yang telah mulai terbentuk, serta cikal bakal ginjal sudah mulai membentuk. 
Pada pertengahan bulan kedua ini akan membentuk paru-paru, pankreas, kelenjar tiroid serta jantung. Juga di minggu ini rongga mulut telah mulai terbentuk. Kemampuan bayi pada bulan kedua ini juga mulai nampak. Bayi memiliki refleks serta bergerak secara spontan. Walaupun gerakan spontan tersebut belum bisa bunda rasakan.
Lalu di akhir bulan ke dua janin sudah mampu mendengar bahkan di dalam otak jaringan saraf bisa terhubung pada penciuman di otak janin. Perkembangan organ penting terbentuknya pada bulan ke dua ini maka dari itu bunda harus didukung oleh kondisi kesehatan yang sangat prima.
Untuk mendukung kesehatan bunda saat kehamilan, lengkapilah asupan makanan untuk kehamilan diusia dua bulan, selengkapnya dibawah ini :

Zat Besi

Sudah dijelaskan diatas, hanya sebagai tambahan saja bila bunda kekurangan zat besi maka dapat menganggu siklus pelepasan sel telur saat hamil. Zat besi ada pada  sayuran hijau, daging merah, kuning telur, jeruk dan hati.

Zat Seng

Taukah anda bila zat seng mampu membantu proses produksi materi generatik saat terjadinya pembuahan. Adapun makanan yang mengandung zat besi seperti, kacang-kacangan, biji-bijian, telur serta daging.
Vitamin C

Cukupilah konsumsi makanan bunda dengan vitamin C

Vitamin C bisa membantu pembentukan jaringan tubuh janin, disamping itu  kandungan vitamin C yang cukup dapat membantu untuk penyerapan besi yang maksimal dan dapat menurunkan risiko preeklampsia. Pada umumnya sumber vitamin C yang bagus bagi bunda yang sedang hamil di bulan ke dua yaitu buah buahan untuk ibu hamil seperti  brokoli, jeruk, kiwi, serta strowberry.

Asam folat

Asam folat seperti yang sudah dijelaskan diatas sangat penting untuk bunda. Kandungan asam folat dapat ditemukan di sayuran hijau , hati sapi, alpukat dan jeruk sebagai buah sehat untuk ibu hamil. Dengan asam folat yang cukup maka dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat serta darah janin. Juga asam folat yang tercukupi dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat.

Vitamin A, B , D dan E

Yang satu ini juga tidak kalah penting, vitamin A, B, D dan E yang bisa membantu tumbuh kembang  membentukan sel darah baru , pembentukan gigi , tulang serta metabolisme. Maka dari itu cukupilah segala vitamin dari buah dan sayur yang beragam warna.

Karbohidrat

Ini sangat perlu pada bulan ke dua karena pertumbuhan janin sangat cepat sehingga keperluan energi bunda harus tetap terpelihara dengan baik. Bunda bisa mengatur asupan karbohidrat walaupun morning sickness mengganggu.
Nah, itulah penjelasan singkat mengenai makanan sehat untuk ibu hamil pada dua bulan awal kehamilan bunda. Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena pada masa ini sangat penting bagi bunda menjaga kesehatan janin serta kesehatan bunda sendiri tentunya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular