by

Macam Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit Wajah Anda

Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit – Bagian wajah sangatlah penting untuk kita perhatikan, apalagi buat Anda sebagai seorang wanita, tentunya sangat ingin mempunyai wajah yang sehat dan terlihat cantik. Salah satu cara untuk merawat wajah Anda adalah dengan masker wajah yang mempunyai manfaat untuk menyegarkan dan mencerahkan wajah. Wajah adalah bagian yang sangat sensitif, apalagi seorang wanita mempunyai kulit yang lembut dan yang pasti membutuhkan perawatan lebih untuk tetap menjaganya agar tetap terlihat cantik dan segar. Apa salahnya Anda mencoba cara ini untuk merawat kulit wajah anda.

Macam Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit Wajah Anda
Macam Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit Wajah Anda

Jika Anda mengira perawatan kulit wajah dengan manfaat masker wajah itu tidak perlu, Anda salah besar. Perawatan tersebut justru mempunyai banyak manfaat. Mulai dari penyegaran, pemutihan, hingga peremajaan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih, dan digemari banyak orang, seseorang bisa mendapatkannya dari manfaat masker wajah tradisional atau masker wajah yang sudah dikemas berupa produk kosmetik kemasan.Dengan masker wajah, Anda tidak hanya mendapatkan wajah yang bersih tapi juga halus sehingga Anda senantiasa merasa rileks setelah melakukan perawatan wajah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan perawatan dengan menggunakan masker wajah. Ada yang caranya mudah atau praktis dan instan, ada juga yang harus diracik terlebih dahulu karena bersifat tradisional.

Manfaat Masker Wajah yang Mudah

Masker wajah adalah salah satu bagian dari ritual perawatan kulit wajah yang tidak sulit dilakukan. Anda hanya dituntut urutin melakukannya dan dengan tahapan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam menggunakan masker wajah adalah pemilihan masker untuk jenis kulit wajah. Hal ini bertujuan agar manfaat masker wajah bisa didapatkan secara maksimal. Untuk kulit kering, pilihlah masker yang berbahan dasar madu. Madu ini mempunyai khasiat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih lembab. Selain madu, kuning telur juga bisa melembabkan kulit wajah.

Cara yang baik untuk mendapatkan manfaat masker wajah dari madu atau kuning telur bisa dengan diusapkan langsung pada wajah yang sudah dibersihkan, lalu didiamkan hingga mongering, dan dibilas dengan menggunakan air hangat. Apabila Anda malas menggunakan masker wajah alami, Anda bisa mencari masker wajah dengan kandungan madu atau kuning telur di dalamnya sehingga tidak perlu berlengket-lengket ria dengan madu dan kuning telur. Untuk kulit berminyak, pilihlah masker berbahan dasar telur (bukan kuning telurnya saja). Telur mempunyai khasiat dalam mengencangkan kulit dengan cara mengecilkan pori-pori. Dengan begitu, pengeluaran minyak menjadi berkurang.

Baca juga 10 Tips Wajah Segar dan Awet Muda

Untuk kulit berminyak yang berjerawat, penggunaan susu magnesium (liquid milk of magnesia) mampu mengurangi kadar minyak kulit sekaligus juga menghilangkan jerawat. Tapi, anda juga bisa mendapatkan manfaat masker wajah untuk kulit berminyak dari air perasan jeruk nipis atau buah alpukat yang mampu menyerap kadar minyak yang berlebih. Sementara itu, untuk kulit normal, Anda bisa menggunakan buah-buahan berupa tomat, mentimun, bengkoang, dan buah lain yang mengandung vitamin C agar kulit senantiasa terjaga kelembabannya.

Untuk kulit normal, Anda tidak perlu melakukan masker terlalu sering karena penggunaan masker yang terlalu sering akan berdampak buruk bagi kehalusan dan kelembutan kulit normal. Lakukanlah pijatan ketika menggunakan masker, lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilaslah dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin seminggu sekali agar kulit tetap halus dan bersih.

Tujuan Menggunakan Masker Wajah

Selain mengetahui jenis kulit Anda seperti apa, hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masker wajah adalah tujuan dan manfaat masker wajah tersebut bagi kesehatan kulit Anda. Jika kita biasa menggunakan masker kimia yang diproduksi oleh industry kosmetik, tentu kita bisa membaca terlebih dahulu keterangan yang tertera di kemasan masker. Hal ini membantu Anda untuk mengetahui tujuan penggunaan masker yang Anda beli. Berikut adalah beberapa tujuan dari penggunaan masker wajah yang umum kita ketahui.

Pertama, masker anti-aging adalah masker yang berkhasiat dalam memperlambat efek-efek penuaan, seperti keriput, kulit tampak kusam, bintik-bintik hitam, dan munculnya garis-garis di sekitar wajah. Masker yang mempunyai khasiat anti-aging misalnya saja adalah masker yang berbahan dasar susu, minyak zaitun, teh, stroberi, dan teh hijau. Untuk masker wajah tradisional, Anda bisa menggunakannya sebelum memasuki usia 25 tahun. Namun, untuk masker berbahan kimia, Anda harus pandai memilih masker yang cocok untuk kulit wajah Anda. Manfaat masker wajah yang berfungsi mencegah penuaan dini ini biasanya tidak cocok bagi semua orang. Ada yang ketika memasuki usia 20 tahun sudah harus menggunakan masker wajah tersebut, ada juga yang pada usia 30 tahun baru mulai menggunakan masker wajah tersebut.

Jenis masker yang kedua adalah masker eksfoliat, yakni masker yang mampu membersihkan sisa-sisa kulit mati yang menempel di wajah. Masker ini mampu menyegarkan dan melembutkan kulit. Masker yang berkhasiat sebagai eksfolian misalnya saja adalah masker yang berbahan dasar gula dan kopi. Bahan dasar yang mengandung butiran tersebut mampu memberikan gesekan halus pada kulit sehingga mengelupas kulit-kulit mati yang menempel pada wajah. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, Anda bisa mendapatkan manfaat masker wajah setelah melakukan peeling atau mencuci muka dengan pembersih muka berbahan scrub atau butiran halus.

Jenis masker yang ketiga adalah masker pendingin. Masker pendingin ini adalah masker yang mampu mendinginkan kulit ketika kulit terasa terbakar atau setelah kulit terbakar matahari. Masker pendingin ini mampu mendinginkan dan menyejukkan kulit. Masker yang berkhasiat sebagai pendingin kulit wajah bisa didapatkan dari masker yang berbahan dasar mentimun, bengkoang, aprikot, atau susu. Selain mendapatkan kesegaran dari bahan masker tersebut, anda juga mendapatkan manfaat masker wajah yang mampu membuat pikiran Anda lebih tenang sehingga dengan sendirinya, aura positif mampu didapatkan tubuh Anda.

Jenis masker yang terakhir adalah masker pemutih. Masker pemutih adalah masker yang mampu mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, masker ini juga mampu menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Masker yang berkhasiat sebagai pemutih kulit wajah misalnya saja adalah masker berbahan dasar susu dan bengkoang. Untuk perawatan tradisional, Anda bisa menggunakan susu murni atau produk olahan susu seperti yoghurt. Sementara itu, untuk perawatan instan, Anda bisa mencari masker kemasan berbahan dasar susu atau bengkoang di took-toko terdekat.

Tips Mendapatkan Masker Wajah yang Cocok

Untuk mendapatkan perawatan kulit wajah yang baik, Anda tidak hanya dituntut untuk mencari manfaat masker wajah. Anda juga harus pandai mencari masker yang cocok untuk kulit Anda. Terutama bagi Anda yang sering melakukan facial di salon atau menggunakan masker wajah instan, perlu dilakukan beberapa hal agar terhindar dari maslah isritasi kulit akibat tidak cocoknya kulit dengan salah satu komponen zat yang terkandnung di dalam masker wajah.

Beberapa hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menggunakan masker tradisional, pilihlah bahan yang ringan serta dapat digunakan masksimal dua hari sekali. Jika dalam waktu tersebut terjadi iritasi, maka Anda harus mengurangi jangka waktu perawatan menjadi seminggu dua kali.
  2. Untuk pemakaian masker kimia, gunakan masker untuk pertama kalinya di bagian ujung telinga. Bagian ini adalah bagian paling sensitive dari kulit sehingga jika terjadi iritasi saat pemakaian pertama, bisa dipastikan bahwa produk tersebut tidak cocok dengan kulit Anda.
  3. Hentikan pemakaian masker apabila kulit wajah menjadi merah-merah, gatal, dan perih dalam waktu lebih dari tiga hari.
  4. Hindari penggunaan masker tradisional dengan menggunakan buah-buahan atau sayuran yang sudah berbau busuk atau berlubang karena jamur.

Beberapa Fakta Mengenai Masker Wajah

Setelah mengenal jenis kulit dan manfaat dari aneka jenis masker wajah, saatnya Anda tahu beberapa hal tentang masker.

  • Beberapa potongan mentimun segar atau parutan mentimun segar yang diletakkan merata di di sekitar wajah mampu mendinginkan dan menyegarkan kulit setelah Anda seharian beraktivitas di luar ruangan.
  • Campuran 4 sendok makan susu bubuk dengan 2 sendok makan air hangat dan 2 sendok makan madu akan menghasilkan masker wajah yang mampu melembabkan kulit kering.
  • Busa hasil putih telur yang dikocok terus menerus bisa digunakan sebagai masker pengencang kulit wajah.
  • Campuran sesendok bubuk teh hijau dengan setengah sendok air mampu menjadi masker kulit wajah yang berkhasiat memperlambat efek-efek penuaan.
  • Campuran tomat dengan perasan lemon dan bubuk sereal oatmeal bisa dijadikan pilihan sebagai masker aksfoliat.
  • Penggunaan aromaterapi saat sedang dimasker mampu membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.
  • Pemijatan kulit wajah saat pembersihan sisa masker mampu menurunkan hormon stres (kortisol).

Bagaimana setelah Anda tahu manfaat masker wajah ini? masihkah Anda ragu untuk mencobanya? semoga memberi manfaat kepada Anda yang ingin mencobanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular