by

Resep Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Resep Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa – Berbicara mengenai makanan atau jajanan tradisional Indonesia, pastinya anda sering menemukannya di pasar-pasar ataupun tempat khusus toko kue. Memang, jenis kue tradisional Indonesia memiliki cita rasa yang beragam dan pengolahannya pun tergolong banyak yang unik. Selain itu, umumnya kue tradisional ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat serta berasal dari tanaman khas Indonesia. Salah satu contohnya adalah getuk, sebuah makanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah.
Resep Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa
Getuk pada dasarnya terbuat dari bahan singkong yang dicampur dengan gula aren sehingga menghasilkan sebuah makanan dengan cita rasa yang manis dan tentunya nikmat.
Bagi anda yang ingin bernostalgia dengan kue tradisional, kali ini ada sebuah resep Getuk singkong dengan taburan parutan kelapa yang mudah dibuat dan tentunya bisa anda sajikan untuk hidangan di rumah anda.

Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa
Resep Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Bahan-Bahan

1 kg Singkong, kupas kulitnya dan bersihkan
300 ml santan kelapa
100 ml gula pasir
1 bungkus agar ñ agar berwarna putih
Garam secukupnya
Kelapa parut untuk taburan Getuk
Pewarna makanan kuning dan merah
Resep Getuk Singkong dengan Taburan Parutan Kelapa

Cara Membuat

  1. Siapkan sebuah alat parutan, kemudian parut singkong hingga halus
  2. Setelah diparut, masukan singkong kedalam sebuah wadah, kemudian campurkan dengan gula pasir, garam, santan kelapa dan agar-agar.
  3. Siapkan spatula, kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata dan semua bahan menyatu.
  4. Bagi adonan menjadi dua bagian, kemudian pada setiap bagian adonan campurkan dengan pewarna kuning dan merah, lalu aduk lagi hingga semua pewarna merata bercampur dengan adonan.
  5. Siapkan oven, panaskan dengan suhu sekitar 1800 celcius. Siapkan loyang, kemudian masukan adonan secara bergantian agar membentuk sebuah warna berlapis (anda bisa mengkreasikan sesuai keinginan anda, misalnya bagian adonan berwarna kuning di lapisan bawah atau sebaliknya, dan anda juga bisa membuat berlapis ñ lapis warna, kuning, merah, kuning, merah hingga adonan habis)
  6. Setelah adonan dimasukan kedalam loyang, kemudian dikukus didalam oven sekitar 30 menit dan tunggu hingga getuk mulai empuk dan matang.
  7. Setelah matang, keluarkan getuk dan taburi dengan parutan kelapa.
  8. Terakhir, potong getuk menjadi bagian ñ bagian kecil dan sajikan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular