by

Resep Membuat Kentang Panggang dengan Saus Brokoli dan Keju Leleh

Resep Membuat Kentang Panggang dengan Saus Brokoli dan Keju Leleh – Kentang merupakan salah satu hasil kekayaan alam Indonesia yang mudah didapatkan. Melalui kentang ini banyak sekali aneka resep yang bisa anda kreasikan. Kadar protein pada kentang cukup tinggi, sehingga bagi sebagian orang kentang juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Umumnya banyak orang yang memasak kentang ini dengan cara digoreng ataupun direbus saja. Namun kali ini ada sebuah resep kentang yang cukup unik, yaitu dengan dimasak dengan cara dipanggang didalam oven.
Penasaran bagaimana bentuk atau rasa kentang yang dipanggang ini ? Yuk kita coba membuat resep kentang panggang dengan saus brokoli bercampur keju ini.
Resep Membuat Kentang Panggang dengan Saus Brokoli dan Keju Leleh
Resep Kentang Panggang Dengan Saus Brokoli dan Keju Leleh

Bahan – Bahan

4 buah kentang berukuran besar, bersihkan dan bilas
2 sendok makan mentega
2 sendok makan tepung terigu serbaguna
¼ sendok teh bawang merah bubuk
¼ sendok teh bawang putih bubuk
½ cangkir susu putih kental manis
1 cangkir keju cheddar yang sudah diparut
1 ikat brokoli segar, kemudian cincang hingga halus
Garam dan merica secukupnya
Resep Membuat Kentang Panggang dengan Saus Brokoli dan Keju LelehCara Membuat
Pemanggangan Kentang :
Siapkan oven, kemudian panaskan hingga suhu 3500 celcius, setelah panas masukkan kentang dan panggang sekitar 30 menit hingga cukup empuk (atau anda bisa menguji tingkat kelembutan tekstur kentang dengan garpu). Setelah cukup matang dan empuk, keluarkan kentang dari oven dan sajikan di atas piring.

Membuat Saus Brokoli dan Keju Leleh :
Kukus terlebih dahulu brokoli yang sudah dicincang halus dalam panci yang berisi air, kemudian tunggu hingga sedikit layu. Setelah itu angkat dan tiriskan.
Siapkan panci, kemudian masukkan 2 sendok makan mentega dan masak hingga meleleh dengan api sedang, masukkan bubuk bawang dan tepung lalu aduk rata.
Sambil diaduk masukkan susu cair putih, garam dan merica secukupnya dan masak terus hingga mulai mendidih.
Setelah cukup mendidih, masukkan parutan keju cheddar serta kukusan brokoli cincang yang sudah ditiriskan tadi, aduk semua hingga tercampur rata serta keju sudah meleleh dengan baik.

Penyajian :
Potong sedikit bagian kentang pada bagian atasnya, kemudian siram dengan saus brokoli dan keju yang telah dimasak tadi dan kentang panggang dengan saus brokoli dan keju leleh pun siap disajikan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular